Breaking News

79 Tahun Indonesia MERDEKA

79 Tahun Indonesia MERDEKA
JAYA TERUS INDONESIA KU!!!

Ngiklan Murah Disini Yuk!!

BMKG Prediksi Banjir Rob Terjang Belawan Selama Sepekan: Pasang Tertinggi 2,6 M

Responsive Ad Here







Medan - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, bakal diterjang banjir rob. Banjir rob tersebut diprediksi bakal berlangsung sepekan dengan ketinggian air pasang tertinggi mencapai 2,6 meter.


Hal itu diketahui dari surat peringatan dini yang diunggah BMKG Stasiun Meteorologi Medan Belawan di Instagram resminya. Banjir rob diprediksi akan berlangsung pada 18-25 Agustus 2024.


"Masyarakat pesisir diimbau waspada adanya fenomena banjir pesisir (rob) yang diprediksi berpotensi terjadi pada tanggal 18-25 Agustus 2024 di wilayah sebagai berikut, pesisir Belawan dan sekitarnya," demikian tertulis di surat yang dilihat, Senin (18/8/2024).


Air pasang diprediksi mulai dengan ketinggian 2,3 meter hingga tertinggi mencapai 2,6 meter dengan ketinggian diukur dari titik surut terendah. Banjir rob tersebut diprediksi terjadi pada pukul 02.00-05.00 WIB dan 13.00-16.00 WIB.


Banjir rob ini diprediksi dapat mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar Medan Belawan. Seperti transportasi hingga proses bongkar muat di pelabuhan.


"Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan," sambungnya.


Masyarakat Medan Belawan pun diimbau untuk waspada dan siaga terhadap dampak banjir rob. Masyarakat diimbau untuk memantau perkembangan cuaca dari BMKG.


Kecamatan Medan Belawan merupakan wilayah yang kerap diterjang banjir rob. Terakhir, BMKG mengeluarkan surat peringatan dini banjir rob pada tanggal 4-7 Agustus 2024 dengan prediksi pasang tertinggi mencapai 2,4 meter.


0 Comments